INTERMEZZO: Bahasa MELAYU akan menjadi BAHASA Resmi DUNIA !?

utamakanbahasamelayu.jpg

~ Ini berita lama, tetapi entah kenapa tiba2 saya ingin mempostingnya sebagai pengetahuan bersama, mungkin karena saya merasa “WOW” aja membacanya [ ini sekadar respon saya peribadi ]. Jika memang suatu saat bangsa ini akan menjadi suatu MERCUSUAR DUNIA, maka ia memerlukan suatu MOTIVASI yang sangat kuat untuk menjadi bangsa yang Besar dan Berjiwa Besar. Tidak cukup hanya dengan konferensi-konferensi yang kepentingannya hanya duniawi… ~

Berita Terkait : Festival Budaya Melayu Dunia 2007

Pekanbaru (ANTARA News) – Para cendekiawan, budayawan, dan sastrawan Melayu dari sejumlah negara yang tengah mengadakan konferensi di Pekanbaru, Riau, akan mengupayakan agar bahasa Melayu dijadikan bahasa resmi dunia dan diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

2-malay-boys.jpgready-for-raya.jpg

~ Boys & Girl…Bersiaplah untuk HARI KEMENANGAN…!

Budayawan Riau, Al Azhar, di Pekanbaru mengatakan, konferensi tersebut merupakan langkah awal untuk memperjuangkan bahasa Melayu hingga menjadi bahasa resmi dunia dan diakui PBB.

“Masyarakat di dunia yang menggunakan bahasa Melayu jumlahnya sekitar 300 juta. Karena itu Riau merupakan embrio perjuangan bahasa Melayu hingga menjadi bahasa dunia meskipun tidak ada target waktu untuk mewujudkan itu,” katanya.

Ia menyatakan, pada tahun 2006 upaya untuk menjadikan bahasa Melayu menjadi bahasa resmi sudah disampaikan melalui komunike bersama tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Oleh karena itu, ia menilai konferensi tersebut sangat penting untuk mempercepat proses pengakuan dan penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi alat komunikasi antarbangsa.

Konferensi tersebut merupakan bagian dari acara Festival Budaya Melayu Dunia 2007 yang berskala internasional yang diramaikan oleh sejumlah peserta dari berbagai negara yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Festival budaya Melayu Dunia berlangsung pada tanggal 5-13 Desember 2007 di Pekanbaru dengan berbagai acara di antaranya konferensi, pergelaran kesenian, pameran budaya, bazaar kuliner, dan permainan rakyat.

Para peserta mancanegara yang hadir dalam acara tersebut di antaranya dari Brunei Darussalam, Malaysia, dan Perancis.

Festival Budaya Melayu merupakan program Pemerintah Provinsi Riau yang sebelumnya juga pernah diselenggarakan pada tahun 2003.

Emrizal menambahkan bahwa Pemprov Riau berharap program tersebut akan menjadi agenda reguler setiap empat tahunan. (*)

Artikel Penuh Selengkapnya Baca Disini

Advertisements

5 comments on “INTERMEZZO: Bahasa MELAYU akan menjadi BAHASA Resmi DUNIA !?

  1. Asl..mas AM, sehat2? ah..itukan ego penguasa daerah aja mas…nggak sungguh2…hanya untuk nyari nama lantas dapet penghargaan, itu aja, tidak lebih dari itu, lagian kan mo pilkada gubernur 2008, bahan kampanye lah.

  2. Waalaikum salam mas ALF…

    yap..tapi saya ingin melihat dari sisi lain…dan saya yakin bila terjadi pun bangsa ini [melayu] menjadi bangsa Besar, caranya bukan dengan konferensi dan semacamnya..ia memerlukan suatu kekuatan dan motivasi yang kuat dari kita untuk menjadi bangsa yang BESAR dan berJIWA besar…Motivasi diatas motivasi2 murah seperti motivasi karena nama, ketenaran, politik, ekonomi dsb…Motivasinya mesti karena Tuhan dan akhirat.

    Seperti halnya dulu bangsa Arab yang ketika itu sangat lemah, berpecah, namun dalam pimpinan Rasululluah mereka mampu menaungi 3/4 Dunia. Satu lagi selain motivasi kuat adalah faktor PEMIMPIN yang bertaqwa…

    Silakan anda semua baca artikel menarik berbahasa melayu di sini :
    BANGSA BERJIWA BESAR, APA MOTIVASINYA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s