Rasulullah Tidak Pernah Mengecewakan Manusia Lain

Suatu saat ketika Rasulullah sedang berkumpul bersama para sahabatnya, tiba-tiba datang seorang lelaki Yahudi dengan membawa beberapa buah jeruk.

Maka lelaki Yahudi tersebut mendekati Rasulullah, kemudian dengan penuh harap dia pun menawarkan buah jeruk yang dia miliki agar Rasulullah sudi untuk mencicipinya. Lelaki itu pun tahu benar bahwa Nabi Muhammad terkenal tidak pernah mengecewakan permohonan orang lain.

Ternyata benar , Rasulullah menerima buah jeruk yang dia berikan dengan penuh suka cita. Wajah baginda bahagia sekali, sampai-sampai para sahabat terheran-heran, kenapa Rasulullah sampai begitu gembira. Kemudian Rasulullah mulai memakan buah jeruk tersebut. Dengan penuh cita rasa, Rasulullah memakan buah jeruk tersebut, terlihat sangat menggiurkan dan segar sekali buah jeruk yang dimakan tersebut, bahkan beberapa sahabat sampai ingin sekali ikut mencicipi juga.

Tetapi sayang harapan para sahabat tidak terpenuhi, karena diluar dugaan Rasulullah malah menghabiskan semua jeruk itu. Seakan-akan jeruk itu sangat nikmat dan luar biasa segar. Padahal sifat Rasulullah adalah sangat pemurah, kurma 1 biji pun baginda bagi untuk disedekahkan setengahnya pada orang. Tetapi kenapa kali ini berbeda sekali?Tidak biasanya Rasulullah begini, fikir para sahabat.

Setelah melihat jeruk yang diberikan habis dimakan, Lelaki Yahudi tadi merasa sangat gembira dan mengakui dalam hatinya bahwa Nabi Muhammad memiliki akhlak yang sungguh mulia. Akhirnya Lelaki itu memohon izin untuk pergi dengan hati yang puas.

Setelah Lelaki Yahudi itu pergi kemudian para sahabat mulai bertanya tentang kejadian aneh tadi, kenapa Rasulullah bersikap sedemikian? Rasulullah kemudian menjelaskan dengan penuh lemah lembut kenapa baginda berbuat demikian.  Sebenarnya Rasulullah sudah tahu bahwa yang datang itu adalah seorang Yahudi. Rasulullah juga tahu bahwa sebenarnya buah jeruk yang dibawa orang itu rasanya sangat masam, tetapi demi menjaga hati lelaki tersebut maka Rasulullah ingin menggembirakan hati orang itu dan tidak ingin mengecawakannya, sehingga baginda makan jeruk dengan sedemikian rupa nikmatnya.

Lalu, kenapa rasulullah tidak berbagi buah jeruk itu pada kami? tanya para sahabat. Rasullullah menjawab, aku khawatir rasa asam dari buah jeruk itu tampak di wajah kalian sehingga akan membuat lelaki tadi kecewa, aku tidak ingin yang demikian maka aku habiskan buah jeruk tadi.

Advertisements

One comment on “Rasulullah Tidak Pernah Mengecewakan Manusia Lain

  1. Pingback: Wahai semut kecil, maafkanlah aku… « ABOUTMIRACLE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s